SOSIAL MEDIA DAN PENGGUNAANNYA

 


A. Sosial Media
Media sosial dapat dipahami sebagai suatu platform digital yang menyediakan fasilitas untuk melakukan aktivitas sosial bagi setiap penggunanya. Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di media sosial, misalnya yaitu melakukan komunikasi atau interaksi hingga memberikan informasi atau konten berupa tulisan, foto dan video.

B. Fungsi Sosial Media
  • Komunikasi
  • Branding
  • Tempat Usaha
  • Marketing
C. Jenis Jenis Media Sosial

1. Layanan Blog
Layanan blog pada dasarnya dapat dipahami sebagai jurnal pribadi yang ada internet. Salah satu jenis media sosial ini memiliki fungsi untuk membagikan catatan atau pandangan penggunanya tentang berbagai isu tertentu. Pengguna media sosial jenis ini biasanya disebut sebagai narablog atau blogger. Contoh media sosial layanan blog yaitu seperti: WordPress, Blogger.

2. Layanan Jejaring Sosial (Social Network)
Layanan jejaring sosial atau biasa disebut juga dengan social networks merupakan salah satu jenis media sosial yang paling banyak digunakan masyarakat di berbagai belahan dunia saat ini. Salah satu jenis media sosial ini memiliki fungsi sebagai tempat berkumpulnya banyak orang untuk saling bersosialisasi. Dalam layanan ini, pengguna biasanya saling mengirim pesan, informasi, foto, hingga video. Contoh media sosial layanan jejaring sosial adalah Facebook dan Linkedin.

3. Layanan Blog Mikro (Microblogging)
Jenis media sosial berikutnya adalah layanan blog mikro atau biasa disebut juga dengan microblogging. Meskipun memiliki layanan dan kegunaan yang hampir sama dengan blog, tetapi jenis media sosial ini menyajikan halaman yang lebih ringkas. Hal ini membuat layanan mikro blog memiliki kecepatan yang lebih baik dibandingkan layanan blog. Salah satu contoh layanan blog mikro adalah Twitter.

4. Layanan Berbagi Media (Media Sharing)
Jenis media sosial selanjutnya yang perlu Kamu tahu adalah layanan berbagi media atau biasa disebut juga dengan media sharing. Apabila Kamu sering menghabiskan waktu santai atau waktu belajar melalui platform sosial media YouTube atau Soundcloud. Maka, Kamu sebenarnya telah terbiasa menggunakan layanan berbagi media ini. Salah satu jenis media sosial ini pada dasarnya memang memiliki fokus utama untuk membuat penggunanya saling berbagi konten media seperti foto, audio, atau video. Salah satu contoh lain dari layanan berbagi media, yaitu Instagram, Flickr, dan lain sebagainya.

5. Layanan Kolaborasi
Jenis media sosial berikut adalah layanan kolaborasi. Layanan kolaborasi ini sendiri digunakan untuk membuat pengguna saling mengajak pengguna yang lain untuk menciptakan suatu kontribusi. Tidak hanya mengajak, dalam layanan kolaborasi ini, pengguna biasanya diperbolehkan untuk membuat konten sekaligus melakukan koreksi terhadap isi konten dari ‘anggota’ dari situs tersebut.
Salah satu contoh layanan kontribusi yang paling populer saat ini adalah Wikipedia. Wikipedia sendiri merupakan sebuah proyek ensiklopedia multibahasa dalam jaringan yang dioperasikan secara bebas dan terbuka. Layanan kontribusi ini dijalankan oleh Wikimedia Foundation, yang merupakan salah satu organisasi nirlaba yang terletak di Florida, Amerika Serikat.

6. Layanan Forum
Jenis media sosial yang terakhir ini memang dikenal memiliki bentuk yang klasik. Jenis layanan forum ini dapat dikatakan sebagai salah satu jenis media sosial yang telah lama muncul dan dikenal luas sejak lama. Layanan forum sendiri dapat digunakan pengguna sebagai tempat untuk membincangkan berbagai hal atau topik secara spesifik bersama pengguna lain dalam suatu ruang diskusi. Contoh media sosial layanan forum yaitu Kaskus, Quora, dan lain sebagainya.

D. Penggunaan Sosial Media

1. Pendidikan

    a. Sebagai saluran komunikasi
    Komunikasi yang efektif melibatkan siswa dan guru, dalam komunikasi pembelajaran mereka adalah peran utamanya. Jika komunikasi yang tepat tidak tersedia, pengajaran dan pembelajaran akan menjadi sulit. Dengan bantuan Internet dan media sosial, siswa dapat terhubung dengan teman kelas, teman sebaya, guru, dan siapapun. Itu membuat siswa menjadi peserta aktif daripada konsumen konten yang pasif. 
    b. Sebagai media penyaluran kreativitas
 Siswa maupun guru dapat mendemontrasikan keterampilan dan mengekspresikan diri. Hal ini memungkinkan siswa untuk berekspresi dengan berbagai cara, seperti dengan memposting foto, blog, artikel, video, audio dan lain-lain. Hal ini memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi bakat.
    c. Sebagai platform kolaborasi
    Siswa dan guru dapat menggunakan media sosial sebagai alat untuk alat berkolaborasi. Mereka dapat membentuk grup kegiatan belajar dan saling kolaborasi hingga terbentuk manajemen pertemanan yang semakin baik. Para murid juga bisa mengundang guru untuk bergabung dengan kelompok belajar sehingga bisa memberi masukan. 
    d. Sebagai pendukung materi belajar
 Media sosial dapat digunakan sebagai alat untuk mencari atau mendapatkan materi lebih lengkap dan memperluas wawasan. Contohnya YouTube, platform yang menyediakan video beserta audio untuk memperjelas materi pembelajaran. 
    eSebagai media dalam melakukan penelitian
    Siswa dan guru dapat dengan cepat dan mudah mencari dan menemukan bahan bahan atau materi untuk melakukan penelitian. Media sosial juga bisa dimanfaatkan untuk mencari responden dalam melakukan penelitian. 


2. Bisnis

    a. Memperoleh data pelanggan
        Manfaat media sosial untuk bisnis bisa digunakan dalam mengumpulkan data pelanggan. Tiap hari ada lebih dari 500 juta Tweet, 4,5 milyar like di Facebook, dan 95 juta foto serta video diupload di Instagram. Di balik angka besar ini adalah kekayaan informasi tentang pelanggan; siapa mereka, apa yang mereka suka, dan bagaimana pendapat mereka tentang brand.    
    b. Meningkatkan loyalitas dan brand awareness
    Ketika kehadiran brand terlihat di media sosial, akan lebih mudah bagi pelanggan menemukan dan terhubung dengan brand. Terhubung dengan pelanggan di media sosial membuat kamu lebih mungkin meningkatkan retensi pelanggan dan loyalitas brand.

    c. Menjalankan iklan dengan hasil real time

       Iklan di media sosial tidak memakan biaya yang mahal dan menjadi cara untuk mempromosikan bisnis serta mendistribusikan konten kamu. Iklan ini juga menawarkan pilihan penargetan yang kuat sehingga kamu bisa mencapai audiens yang tepat.

    d. Memperoleh lead dengan konversi lebih tinggi

        Media sosial meningkatkan penjualan dan retensi pelanggan melalui interaksi reguler dan layanan pelanggan berdasarkan waktu. Sebuah penelitian di tahun 2015 menyebut, perusahaan kelas dunia menilai media sosial sebagai cara paling efektif untuk mengidentifikasi pembuat keputusan kunci dan kesempatan bisnis baru. 

    e. Meningkatkan pengalaman pelanggan

        Lebih dari 67 persen konsumen saat ini pergi ke media sosial untuk mendapat layanan pelanggan. Mereka mengharap memperoleh respon cepat, dukungan layanan 24 jam, dan perusahaan yang bisa memberikan solusi.

    f. Meningkatkan traffic website dan peringkat pencarian

        Satu manfaat terbesar dari media sosial untuk bisnis adalah menggunakannya untuk meningkatkan traffic website. Media sosial tidak hanya membantumu mengarahkan orang ke website, tapi semakin banyak share di media sosial yang diterima, semakin tinggi peringkat pencariannya. 

    g. Mengetahui apa yang kompetitor lakukan

        Dengan memonitor media sosial, kamu bisa mendapat informasi penting tentang kompetitor bisnis. Cara ini membuat kamu bisa membuat keputusan bisnis strategis untuk tetap jadi yang terdepan. Misalnya, kamu bisa ciptakan aliran pencarian untuk memonitor kata kunci industri dan menyebut nama serta produk kompetitor. Berdasarkan hasil pencarian, kamu bisa lakukan penguatan produk, layanan, dan konten yang kompetitor tidak lakukan.

    h. Berbagi konten lebih cepat dan lebih mudah

        Ini merupakan manfaat media sosial untuk bisnis yang bisa langsung dirasakan. Pasalnya, membagikan konten kini bisa dilakukan dengan cepat dan mudah kepada audiens hanya dengan memposting di media sosial.

    i. Konten geo target

        Geo target jadi cara efektif untuk mengirimkan pesan ke audiens tertentu berdasarkan lokasi mereka. Jaringan media sosial seperti Facebook dan Twitter memiliki tool yang memungkinkan Anda mengkomunikasikan jenis konten yang tepat ke audiens. 

    j. Membina relasi

       Media sosial bukan semata tentang meningkatkan penjualan perusahaan di media sosial, tapi juga menjadi saluran dua arah dimana kamu memiliki kesempatan untuk memperkaya hubungan dengan pelanggan. 

    k. Menumbuhkan bisnis secara lebih cepat

      Media sosial memiliki banyak manfaat untuk membangun bisnis. Berbagai poin manfaat yang telah disebutkan di atas akan mengarahkan bisnis ke pertumbuhan yang lebih cepat. Dengan menggunakannya untuk mempelajari lebih banyak tentang pelanggan, mendekati audiens, dan melebarkan jangkauan brand, kamu akan mencapai konversi bisnis yang besar.

3. Kesehatan

1. Penyampaian Informasi Kedokteran

Keberadaan media sosial dapat mempermudah akses informasi kesehatan sekaligus melibatkan masyarakat secara langsung dalam perbincangan seputar kesehatan. Informasi ini disampaikan bisa dalam bentuk berita, penemuan terbaru di bidang kesehatan, pencegahan penyakit, hingga pelayanan kesehatan.
Artinya, media sosial tidak hanya sekadar memfasilitasi peningkatan pengetahuan tentang kesehatan. Namun, juga bisa meningkatkan proses interaksi masyarakat yang berkaitan dengan kesehatan.

2. Edukasi Kesehatan Masyarakat

Media sosial juga menjadi platform yang sangat efektif sebagai sarana pendidikan kesehatan masyarakat dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman, mengembangkan kesadaran, dan juga perilaku hidup sosial. Sebab, media sosial sangat memungkinkan para tenaga kesehatan untuk membagikan konten yang bervariasi, seperti gambar, video, hingga infografis.
Bukan hanya itu saja, media sosial juga dapat membantu meningkatkan motivasi masyarakat terhadap penggunaan layanan kesehatan. Sebagai contoh layanan spesialisasi dan subspesialisasi yang tidak mudah dipahami oleh masyarakat awam. Dengan adanya media sosial, maka masyarakat bisa terbantu dalam pengambilan keputusan yang berkaitan dengan kesehatan mereka.

REFERENSI                                                                                                                                                                                                   
https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-media-sosial/#A_Pengertian_Media_Sosial
https://www.kompasiana.com/salwazaida5298/61a2e9e3733c437f016e94b2/media-sosial-dalam-pendidikan?page=2&page_images=1
https://www.dewaweb.com/blog/manfaat-media-sosial-untuk-bisnis/
https://kumparan.com/berita-terkini/peran-media-sosial-dalam-bidang-kesehatan-di-era-digital-1yyfSYxypWO/full


















Comments

Popular posts from this blog

HIERARKI, MANAJEMEN, JENIS JENIS, DAN PERKEMBANGAN MEMORY