SOSIAL MEDIA DAN PENGGUNAANNYA
- Komunikasi
- Branding
- Tempat Usaha
- Marketing
2. Layanan Jejaring Sosial (Social Network)
Komunikasi yang efektif melibatkan siswa dan guru, dalam komunikasi pembelajaran mereka adalah peran utamanya. Jika komunikasi yang tepat tidak tersedia, pengajaran dan pembelajaran akan menjadi sulit. Dengan bantuan Internet dan media sosial, siswa dapat terhubung dengan teman kelas, teman sebaya, guru, dan siapapun. Itu membuat siswa menjadi peserta aktif daripada konsumen konten yang pasif.
Siswa maupun guru dapat mendemontrasikan keterampilan dan mengekspresikan diri. Hal ini memungkinkan siswa untuk berekspresi dengan berbagai cara, seperti dengan memposting foto, blog, artikel, video, audio dan lain-lain. Hal ini memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi bakat.
Siswa dan guru dapat menggunakan media sosial sebagai alat untuk alat berkolaborasi. Mereka dapat membentuk grup kegiatan belajar dan saling kolaborasi hingga terbentuk manajemen pertemanan yang semakin baik. Para murid juga bisa mengundang guru untuk bergabung dengan kelompok belajar sehingga bisa memberi masukan.
Media sosial dapat digunakan sebagai alat untuk mencari atau mendapatkan materi lebih lengkap dan memperluas wawasan. Contohnya YouTube, platform yang menyediakan video beserta audio untuk memperjelas materi pembelajaran.
Siswa dan guru dapat dengan cepat dan mudah mencari dan menemukan bahan bahan atau materi untuk melakukan penelitian. Media sosial juga bisa dimanfaatkan untuk mencari responden dalam melakukan penelitian.
Manfaat media sosial untuk bisnis bisa digunakan dalam mengumpulkan data pelanggan. Tiap hari ada lebih dari 500 juta Tweet, 4,5 milyar like di Facebook, dan 95 juta foto serta video diupload di Instagram. Di balik angka besar ini adalah kekayaan informasi tentang pelanggan; siapa mereka, apa yang mereka suka, dan bagaimana pendapat mereka tentang brand.
Ketika kehadiran brand terlihat di media sosial, akan lebih mudah bagi pelanggan menemukan dan terhubung dengan brand. Terhubung dengan pelanggan di media sosial membuat kamu lebih mungkin meningkatkan retensi pelanggan dan loyalitas brand.
c. Menjalankan iklan dengan hasil real time
Iklan di media sosial tidak memakan biaya yang mahal dan menjadi cara untuk mempromosikan bisnis serta mendistribusikan konten kamu. Iklan ini juga menawarkan pilihan penargetan yang kuat sehingga kamu bisa mencapai audiens yang tepat.
d. Memperoleh lead dengan konversi lebih tinggi
Media sosial meningkatkan penjualan dan retensi pelanggan melalui interaksi reguler dan layanan pelanggan berdasarkan waktu. Sebuah penelitian di tahun 2015 menyebut, perusahaan kelas dunia menilai media sosial sebagai cara paling efektif untuk mengidentifikasi pembuat keputusan kunci dan kesempatan bisnis baru.
e. Meningkatkan pengalaman pelanggan
Lebih dari 67 persen konsumen saat ini pergi ke media sosial untuk mendapat layanan pelanggan. Mereka mengharap memperoleh respon cepat, dukungan layanan 24 jam, dan perusahaan yang bisa memberikan solusi.
f. Meningkatkan traffic website dan peringkat pencarian
Satu manfaat terbesar dari media sosial untuk bisnis adalah menggunakannya untuk meningkatkan traffic website. Media sosial tidak hanya membantumu mengarahkan orang ke website, tapi semakin banyak share di media sosial yang diterima, semakin tinggi peringkat pencariannya.
g. Mengetahui apa yang kompetitor lakukan
Dengan memonitor media sosial, kamu bisa mendapat informasi penting tentang kompetitor bisnis. Cara ini membuat kamu bisa membuat keputusan bisnis strategis untuk tetap jadi yang terdepan. Misalnya, kamu bisa ciptakan aliran pencarian untuk memonitor kata kunci industri dan menyebut nama serta produk kompetitor. Berdasarkan hasil pencarian, kamu bisa lakukan penguatan produk, layanan, dan konten yang kompetitor tidak lakukan.
h. Berbagi konten lebih cepat dan lebih mudah
Ini merupakan manfaat media sosial untuk bisnis yang bisa langsung dirasakan. Pasalnya, membagikan konten kini bisa dilakukan dengan cepat dan mudah kepada audiens hanya dengan memposting di media sosial.
i. Konten geo target
Geo target jadi cara efektif untuk mengirimkan pesan ke audiens tertentu berdasarkan lokasi mereka. Jaringan media sosial seperti Facebook dan Twitter memiliki tool yang memungkinkan Anda mengkomunikasikan jenis konten yang tepat ke audiens.
j. Membina relasi
Media sosial bukan semata tentang meningkatkan penjualan perusahaan di media sosial, tapi juga menjadi saluran dua arah dimana kamu memiliki kesempatan untuk memperkaya hubungan dengan pelanggan.
k. Menumbuhkan bisnis secara lebih cepat
Media sosial memiliki banyak manfaat untuk membangun bisnis. Berbagai poin manfaat yang telah disebutkan di atas akan mengarahkan bisnis ke pertumbuhan yang lebih cepat. Dengan menggunakannya untuk mempelajari lebih banyak tentang pelanggan, mendekati audiens, dan melebarkan jangkauan brand, kamu akan mencapai konversi bisnis yang besar.
Comments
Post a Comment